fajarnews

Peralatan Rumah Tangga Berbahan Bambu Masih Diminati Pasar

Redaksi : Andriyana | Minggu, 20 Agustus 2017 | 22:13 WIB

ABR
Pengrajin peralatan rumah tangga dengan bahan baku bambu tidak kuatir akan kehilangan pembeli dengan semakin banyaknya produk serupa yang berbahan baku plastik

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Minat masyarakat terhadap aneka produk kerajinan berbahan baku bambu, terutama untuk perlengkapan rumah tangga masih tetap tinggi.

Semakin banyaknya peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan baku plastik atau aluminium, tidak serta merta mematikan pasar produksi barang-barang rumah tangga berbahan baku bambu.

Menurut Sarpin, salah satu pembuat peralatan rumah tangga dengan bahan baku bambu mengatakan, usaha pembuatan peralatan rumah tangga yang dijalani sejak puluhan tahun hingga kini masih tetap bertahan.

Hal itu disebabkan masih adanya permintaan pasar terhadap aneka barang yang dibuatnya, khususnya peralatan rumah tangga.

”Alhamdulillah sampai sekarang masih banyak pesanan yang datang, sehingga saya masih tetap memproduksi barang-barang yang bahannya dari bambu, seperti boboko, caping dan tempeh,” kata Sarpin, Minggu (20/8).

Pengrajin di Desa Cisetu, Kecamatan Rajagaluh ini menjelaskan, meski sekarang banyak peralatan rumah berbahan baku plastik, namun masyarakat nampaknya masih banyak yang lebih nyaman menggunakan barang dengan bahan baku bambu.

Ia mencontohkan peralatan dapur untuk tempat nasi, boboko yang tetap tinggi permintaannya.

”Meski sekarang sudah banyak wadah nasi yang berbahan plastik, tetapi permintaan boboko masih tetap banyak. Bukan hanya dari Majalengka saja, tetapi ada juga dari luar daerah seperti Bandung, Cirebon dan daerah lainnya,” jelasnya.

Pengrajin lainnya di Desa Salagedang, Kecamatan Sukahaji, Yaya mengungkapkan, di daerahnya masih banyak warga memproduksi barang atau peralatan rumah tangga yang bahannya dari bambu.

Karena kata dia, meski sekarang sudah banyak produk sejenis dengan bahan baku plastik atau aluminium, namun produk dari bambu tetap banyak peminatnya.

“Meski sekarang banyak barang rumah tangga yang menggunakan bahan plastik,kami tidak kuatir akan kehilangan pembeli karena masyakat masih banyak yang menyukai dan menggunakan peralatan yang bahannya dari bambu,” ujarnya. (ABR)

Loading Komentar....