fajarnews

15 Kali Kas Keliling BI Cirebon, Uang Baru yang Terserap Rp2,7 T

Redaksi : Andriyana | Kamis, 6 Juli 2017 | 21:14 WIB

Ist
Ilustrasi



Fajarnews.com, CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon mencatat total penyerapan uang baru oleh masyarakat pada kegiatan Kas Keliling jelang lebaran lalu mencapai Rp2,7 Triliun.

Jumlah itu terealisasi 88 persennya dari proyeksi BI sebesar Rp3,1 Triliun, atau meningkat 39 persen dari realisasi bulan Ramadhan 2016 sebesar Rp2,1 triliun.

"Uang baru yang diedarkan dengan berbagai pecahan terserap Rp2,7 selama Ramadhan saja. Luar biasa realisasinya sampai 88 persen dari proyeksi kami. Biasanya itu bergeser sekitar 20 persen atas bawah dari proyeksi. Tapi ini bisa sampai 12 persen," ujar Kepala Tim Sistem Pembayaran PUR (Pengendalian Uang Rupiah) dan Layanan Administrasi pada KPwBI Cirebon, Yukon Afrinaldo, Selasa (4/7).

Pria yang akrab disapa Aldo itu mengatakan, jumlah uang tahun emisi baru sebanyak Rp2,7 triliun itu terserap dalam waktu satu bulan dari 15 kali kegiatan Kas Keliling, meliputi 8 kali Kas Keliling bersama 6 bank (BCA, BJB, BRI, BRI Syariah, Bank Mandiri, BNI) dan 7 kali kas keliling oleh BI sendiri di sejumlah wilayah di Ciayumajakuning.

Termasuk kegiatan kas kelling di dua lokasi Rest Area KM 102 dan 166 Tol Cipali yang berlangsung selama 2 hari. Kepala KPwBI Cirebon, Abdul Majid Ikram mengatakan, kegiatan penukaran uang baru di rest area Tol Cipali ini guna melayani pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya namun belum sempat menukarkan uang barunya saat di Jakarta.

“Kami konsentrasinya di wilayah kami. Kalau disini hanya untuk menyapu saja orang-orang yang mudik yang belum sempat menukarkan uangnya di Jakarta silahkan menukarkan di rest area ini,” ujar Abdul Majid, sebagaimana diberitakan FC sebelumnya. (DRI)




Loading Komentar....