fajarnews

Operasi Pasar Murah, 120 Kg Daging Sapi Terjual Kurang dari 1 Jam

Redaksi : Andriyana | Sabtu, 17 Juni 2017 | 00:14 WIB

DRI
Perum Bulog Sub Divre Cirebon melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) di depan Pasar Perumnas Kota Cirebon, Jumat (16/6).

Fajarnews.com, CIREBON - Perum Bulog Sub Divre Cirebon melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) di depan Pasar Perumnas Kota Cirebon, Jumat (16/6).

Dalam pasar murah tersebut Bulog menyediakan sejumlah komoditas seperti beras, bawang putih, bawang merah, gula pasir, minyak goreng, dan daging sapi beku dibawah harga pasar. Daging sapi beku misalnya, Bulog menjualnya dengan harga Rp80 ribu/kg.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Cirebon, Taufik Budi Santoso mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan daging sapi sangat tinggi saat mendekati lebaran ini.

“Untuk daging sapi tadi pagi habis 120 kg dalam waktu kurang dari satu jam. Begitu juga gula dan minyak. Untuk minyak kami jual Rp12.500/kg dan gula Rp12.500,” jelas Taufik Budi kepada fajarnews.com saat ditemui di lokasi pasar murah, kemarin (16/6).

Begitu juga bawang merah, lanjut dia, yang di pasaran harganya masih Rp28 ribu sampai Rp30 ribu perkilonya, namun Bulog menjual lebih murah yaitu Rp18 ribu/kg. Dan bawang putih yang di pasar harganya Rp40 ribu sampai Rp45 ribu/kg, di operasi pasar murah ini Bulog menjualnya Rp30 ribu/kg.

“Pokoknya semuanya kami jual dibawah harga pasar,” katanya.

Sejak awal bulan Ramadhan, pihaknya terus gencar menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah kerja. Untuk bawang putih, Bulog Cirebon telah menyiapkan pasokan hingga 10.000 ton. Sampai sekarang, penyerapan yang terjual kepada masyarakat selama operasi pasar sudah sekitar 5.000 ton.

Operasi pasar murah kali ini yang memilih lokasi di area pasar, memang diakuinya merupakan yang baru pertama kali digelar.

“Operasi pasar di pasar tradisional baru di sini. Kami sudah bekerjasama dengan PD Pasar juga. Yang jelas kami bukan untuk menyaingi pedagang yang ada di pasar, untuk kestabilan harga,” jelas Taufik.

Ia mencontohkan, dengan adanya harga daging mahal pedagang jadi lesu. Untuk menggiatkan pasar pembeli, kata dia, maka Bulog datang untuk menstabilkan harga. “Kalau harga sudah stabil kan otomatis pasar akan ramai lagi. Pedagang-pedagang juga diuntungkan kalau ramai,” kata Taufik.

Seperti pada kegiatan yang digelar sebelumnya, pada kegiatan operasi pasar murah itu digelar Bulog bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon. BI dalam kesempatan itu membuka layanan penukaran uang baru dengan menempatkan mobil kas keliling di lokasi pasar murah tersebut. (DRI)

Loading Komentar....