fajarnews

Jelang Lebaran, Kiriman Uang TKI Lewat WU Kantor Pos Cirebon Capai 2 Miliar Perhari

Redaksi : Andriyana | Jumat, 16 Juni 2017 | 23:56 WIB

Ist
Ilustrasi


Fajarnews.com, CIREBON - Manager Pelayanan Kantor Pos Cirebon, Rudi Rinaldi menuturkan, jumlah kiriman uang melalui WU di Kantor Pos Cirebon hingga 14 Juni lalu mencapai angka Rp 29 miliar. Jumlah tersebut meningkat hingga Rp3 miliar dibandingkan bulan sebelumnya dengan tanggal yang sama,  yang hanya  mencapai Rp 26 miliar.

“Jadi kalau dirata-rata, setiap harinya mencapai Rp 2 miliar,” kata Rudi melalui sambungan telepon, Jumat (16/6).

Dijelaskannya, peningkatan ini merupakan salahsatu efek menjelang lebaran. Rudi memperkirakan akan ada kenaikan jumlah kiriman pada H-7 nanti. Ia juga memperkirakan, pada lebaran kali ini Kantor Pos Cirebon akan menerima kiriman hingga Rp50 miliar.

“Tahun kemarin saat menjelang lebaran hanya Rp 42 miliar,” ujar Rudi.

Lanjut dia, tingginya pengiriman uang dari luar negeri di Cirebon karena saat ini daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Wali menjadi salahsatu lumbung TKI terbesar di Indonesia.

Jika menilik dari asal pengiriman, Rudi memastikan kiriman tersebut lebih banyak dari TKI. “Mayoritas dari Timur Tengah. Nominal pengirimannya mulai dari Rp1 juta dampai Rp 30 juta,” ujar Rudi.

Rudi juga mengimbau kepada penerima kiriman dengan menggunakan WU untuk tidak mempublikasikan Money Transfer Control Number (MTCN) atau memberikannya kepada orang yang tidak dikenal. MTCN merupakan kode khusus yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima.

“Disimpan baik-baik jangan diserahkan ke orang lain,” tandasnya.

M. HASAN HIDAYAT

Loading Komentar....