fajarnews

Angkutan Lebaran 2017, KAI Prediksi Kenaikan Jumlah Penumpang Hanya 2 Persen

Redaksi : Andriyana | Kamis, 15 Juni 2017 | 23:14 WIB

WINARNO
Vice President PT. KAI Daop 3 Cirebon, Rusi Haryono memimpin upacara apel bersama persiapan pengamanan jalur vital di wilayah Daop 3 Cirebon yang berlangsung di Stasiun Kejaksan, Kamis (15/6).

Fajarnews.com, CIREBON - PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon menggelar apel bersama, termasuk jajaran TNI/Polri dan berbagi instansi terkait untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para penumpang pada saat arus mudik dan balik Lebaran di Stasiun Kejaksan Kota Cirebon, Kamis (15/6).

Ratusan personil itu akan ditempatkan di sejumlah Posko dari mulai pengamanan, kesehatan, pelayanan informasi dan lain-lainnya.

Manager Humas PT. KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, jumlah penumpang pada masa angkutan lebaran tahun 2017 ini diprediksi akan meningkat sekitar dua persen. Dari jumlah penumpang tahun lalu sekitar 147.433 orang menjadi 144.125 orang. 

“Jumlah rata-rata tempat duduk yang tersedia untuk kereta api keberangkatan dari Daop 3 Cirebon sebanyak 7.039 kursi perhari,” kata Kris, panggilan akrabnya usai menghadiri apel bersama.

Dia menjelaskan, terdapat 94 KA reguler yang melewati Daop 3 Cirebon, 46 KA tambahan lebaran yang tediri 30 kereta api tambahan, empat KA Argojati tambahan, empat KA Cirebon Ekspres tambahan, dan delapan perjalanan KA premium. “Untuk armada lokomotif disediakan 16 unit dan armada kereta sebanyak 79 unit,” imbuh Kris.

Dia menegaskan, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, serta pelayanan kepada pengguna jasa KA di masa angkutan lebaran, maka KAI Daop 3 Cirebon mendirikan posko. Hal itu meliputi posko pengawasan dan pengendalian operasi, posko data, posko kamtib, posko kesehatan maupun posko pelayanan dan informasi.

“Untuk antisipasi daerah rawan, rawan  tindakan kriminal, rawan pelemparan batu, rawan pencurian dan lainnya, dilakukan patroli yang bekerjasama dengan aparat terkait, dalam hal ini Polri dan TNI,” tuturnya.

Lebih lanjut Kris mengatakan, selama masa angkutan lebaran ratusan personel keamanan diterjunkan. Mereka diantaranya personil TNI 64 orang, personel Polri 38 orang, personil Polsuska 142 orang, dan personil securiti 180 orang, sehingga total keseluruhan sekitar 424 personil.

Selain itu, lanjut Kris, ada juga petugas extra penjaga perlintasan (JPL extra) di wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 159 orang, petugas ekstra pemeriksa jalan rel (PPJ extra) di wilayah Daop 3 Cirebon 51 orang.

Kemudian  petugas extra untuk daerah rawan longsor, banjir, amblas, perlintasan rawan kecelakaan, rawan pelemparan sebanyak 12 orang, dan petugas bantuan pelayanan dan informasi untuk di Stasiun Cirebon dan Prujakan dari Komunitas Pecinta KA “Edan Sepur” sebanyak 25 orang.

Terkait perlintasan sebidang di wilayah Daop 3 Cirebon, kata dia, 203 titik dengan kategori perlintasan resmi sebanyak 86 perlintasan dan perlintasan tidak resmi 117 perlintasan.

“Sedangkan untuk petugas kesehatan ada 28 orang yang disiagakan di empat Pos Kesehatan, yaitu di Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang dan Brebes,” ucap Kris.

Dia menambahkan, guna mengintensifkan pemeriksaan kondisi keamanan jalur KA jelang operasi angkutan Lebaran 2017, jajaran Daop 3 Cirebon yang dipimpin Vice Presiden Daop 3 Cirebon, Rusi Haryono dan jajaran melaksanakan kegiatan pemeriksaan lintas Cirebon-Sindanglaut dengan lori dresin.

“Kegiatan ini juga melibatkan unsur Muspida dan aparat keamanan kewilayahan dari TNI/Polri,” akunya.

Pemeriksaan jalur ini kata dia, dimaksudkan untuk mengantisipasi sabotase dan gangguan keamanan pada titik-titik rawan.  Serta untuk pengenalan wilayah pengamanan jalur KA untuk bantuan pengamanan ekstra di wilayah Daop 3 Cirebon selama posko angkutan lebaran nanti.

“Sejumlah 433 personil pengamanan akan bertugas selama masa Posko Angkutan Lebaran di wilayah KAI Daop 3 Cirebon. Personil terdiri dari TNI dan Polri sekitar 102 orang untuk memperkuat pengamanan di stasiun dan aset obyek vital,” pungkasnya.

WINARNO

Loading Komentar....