fajarnews

Jelang Lebaran, BI Cirebon Gandeng Perbankan Layani Penukaran Uang Baru

Redaksi : Andriyana | Rabu, 14 Juni 2017 | 01:34 WIB

DRI
Kegiatan penukaran uang baru diikuti BCA, BJB, BRI, BRI Syariah, Bank Mandiri, dan BNI ini dipusatkan tempatnya di halaman parkir Masjid At-Taqwa Cirebon, Selasa (13/6)

Fajarnews.com, CIREBON - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon menggandeng perbankan melayani penukaran uang baru, khususnya Uang Pecahan Kecil (UPK) yang dibutuhkan masyarakat untuk lebaran nanti.

Kegiatan penukaran uang yang diikuti 6 bank yaitu BCA, BJB, BRI, BRI Syariah, Bank Mandiri, dan BNI itu dipusatkan tempatnya di halaman parkir Masjid At-Taqwa Cirebon yang akan berlangsung tanggal 13-15 Juni 2017 serta tanggal 20-22 Juni 2017.

Kepala Tim Sistem Pembayaran PUR (Pengendalian Uang Rupiah) dan Layanan Administrasi pada KPwBI Cirebon, Yukon Afrinaldo mengatakan, pihaknya menyiapkan berbagai pecahan uang baru emisi 2016 hingga Rp4 miliar perharinya untuk kegiatan penukaran uang ini.

Tak menutup kemungkinan jumlah persediaan tersebut akan ditambah jika memang terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat. Layanan penukaran uang baru itu dibuka mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB setiap harinya.

“Alhamdulillah, nampaknya masyarakat sangat antusias melakukan penukaran. Kami menyediakan modal dari masing-masing bank itu minimal Rp500 juta, dikalikan 6 bank jadi Rp3 miliar, ditambah dari BI Rp1 miliar. Setiap hari akan kami evaluasi. Kami akan menambahnya besok jika hari ini misalnya kebutuhan melebihi dari yang kami bawa,” kata Yukon Afrinaldo, Selasa (13/6).

Yukon mengatakan, Uang Pecahan Kecil yang terdiri dari pecahan Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, dan Rp20.000 merupakan yang paling banyak diminta masyarakat dalam setiap kegiatan penukaran uang baru menjelang lebaran.

“Itu favorit masyarakat karena paling sering di transaksikan, dan paling cepat menjadi lusuh, terutama Rp2.000 dan Rp5.000,” ungkapnya.

Dalam kegiatan penukaran uang tersebut, KPwBI Cirebon juga menyisipkan kegiatan sosialisasi mengenai Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (Cikur) kepada masyarakat yang datang.

“Kami juga melakukan kegiatan pengenalan Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah baik Tahun Emisi 2004, 2014 dan emisi baru 2016. Untuk penjelasan ciri-ciri keaslian uangnya kami ceritakan untuk semua tahun emisi. Tapi kalau untuk penukaran uang hanya tahun emisi 2016,” tambahnya.

DRI
Dalam kegiatan penukaran uang tersebut juga KPwBI Cirebon menyisipkan kegiatan sosialisasi mengenai Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (Cikur) kepada masyarakat yang datang, Selasa (13/6)

Selain menggandeng perbankan, KPwBI juga akan melakukan kegiatan penukaran uang di Rest Area KM 166 Tol Cipali, tepatnya dari Jakarta arah Jawa Tengah pada tanggal 21-22 Juni 2017 nanti.

Layanan penukaran uang di Rest Area Tol Cipali ini bertujuan untuk melayani kebutuhan uang baru bagi para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya, namun tak sempat menukarkan uangnya di Jakarta.

“Untuk persiapan penukaran uang d Tol Cipali, BI akan membawa Rp2 miliar dari berbagai macam pecahan,” kata Yukon.

BI Cirebon juga melakukan kegiatan kas keliling menjangkau daerah-daerah di wilayah Ciayumajakuning untuk melayani penukaran uang baru ini.

Yukon mengatakan, sampai dengan bulan Juni sekarang, BI Cirebon sudah melakukan kegiatan kas keliling sebanyak 21 kali untuk melayani kebutuhan uang masyarakat menjelang lebaran dengan nilai total mencapai Rp2 triliun, atau terealisasi 60 persen dari total nilai yang diproyeksikan sebesar Rp3,1 triliun.

“Sudah Rp2 triliun sampai hari ini memasuki hari ke 18 Ramadhan. Sudah sekitar 60 persen penyerapannya. Jadi kami rasa sudah sesuai dengan proyeksi,” ujarnya. (DRI)

Loading Komentar....