fajarnews

Bawang Putih Impor Jenis Kating, Harga Masih Tinggi Pasokan Sulit Diperoleh

Redaksi : Andriyana | Sabtu, 10 Juni 2017 | 02:13 WIB

DRI
Salah seorang pedagang bawang putih di Pasar Kanoman yang mengeluhkan sulitnya mendapat pasokan bawang putih jenis Kating, Kamis (8/6).


Fajarnews.com, CIREBON - Para pedagang komoditas bawang putih di sejumlah pasar tradisional Kota Cirebon mengeluhkan masih tingginya harga bawang putih impor jenis Kating.

Selain harganya masih tinggi, pasokannya pun masih sulit diperoleh.
Pantauan fajarnews.com di Pasar Kanoman, Kamis (8/6), harga bawang putih impor jenis Kating mencapai Rp80 ribu perkilogram.

Slamet, salahsatu pedagang bawang putih di pasar itu mengeluhkan tingginya harga bawang putih. Ia mengaku bahwa belanja bawang putih di Pasar Jagasatru harganya mencapai Rp80 ribu/kg. Selain harganya yang masih selangit, ternyata barangnya pun susah didapat.

“Lagi kosong, di Jagasatru tidak ada. Saya kemarin sampai belanja muter-muter tidak ada. Ada hanya satu dua toko. Kemarin sampai Rp80 ribu/kg barangnya tidak ada. Di Jagasatru kemarin saya cuma dapat 2 kilo,” kata Slamet.

Hal senada juga dikeluhkan pedagang bawang putih lainnya di Pasar Kanoman, Ani. Ia menjual bawang putih dengan harga Rp70 ribu/kg. Karena mahalnya harga bawang putih itu,  dia pun belanjanya hanya sedikit.
 
Padahal kata Ani, permintaan dari pembeli masih tetap banyak. Hanya saja harganya yang tinggi membuatnya mengurangi stok belanja. “Saya belinya nyicil 5 kg soalnya lagi mahal. Jadi kalau 5 kilo sudah habis saya belanja lagi,” ujarnya.

Ani hanya menyediakan bawang putih jenis Kating, sebab, menurutnya bawang putih Kating adalah yang paling banyak dicari oleh pembeli. “Yang biasa kurang laku. Yang lakunya Kating. Kalau Kating cepat habisnya,” katanya.

Senada dengan Ani, banyaknya pembeli yang mencari bawang putih Kating juga diungkapkan Hendro, yang juga pedagang bawang putih di Pasar Kanoman. Diakuinya, dalam dua hari ini bawang putih sulit didapat.

Ia sendiri biasanya mendapat pasokan dari Pasar Induk Jagasatru. Sebelumnya, ia belanja bawang putih Rp65 ribu/kg. Namun kini harganya naik jadi Rp70 ribu/kg.

Pantauan fajarnews.com di Pasar Induk Jagasatru, Kamis (8/6), harga bawang putih mengalami penurunan pada kemarin. Namun penurunan harga terjadi pada bawang putih biasa yaitu menjadi Rp30 ribu/kg. Itupun kondisi bawangnya masih basah.

“Sudah Rp30 ribu, turun barusan hari ini. Sebelumnya Rp40 ribu/kg. Kalau Kating gak punya, kosong dari sananya,” jawab Dana, pedagang bawang putih di Pasar Jagasatru.

Pantauan fajarnews.com di beberapa lapak pedagang di Pasar Jagasatru, harga bawang putih impor jenis biasa memang terjadi penurunan sejak tiga hari terakhir.

Harga jual para pedagang bervariasi dari Rp30 ribu sampai Rp35 ribu perkilonya, tergantung dari kondisi bawang putih tersebut. Bahkan ada yang menjual dengan harga Rp23 ribu/kg.

Suwandi, pedagang bawang putih di Pasar Induk Jagasatru mengaku sulit mendapat pasokan bawang putih jenis Kating. (DRI)

Loading Komentar....