fajarnews

Jelang Lebaran, Kiriman Uang TKI Lewat Kantor Pos Cirebon Naik 20%

Redaksi : Andriyana | Sabtu, 10 Juni 2017 | 01:51 WIB

DRI
Pelayanan di Kantor Pos Cirebon, Kamis (8/6)

Fajarnews.com, CIREBON - Menjelang Lebaran Idul Fitri 1438 H, pengiriman uang dari luar negeri melalui Kantor Pos Cirebon mengalami peningkatan. Manajer Pelayanan I Kantor Pos Cirebon, Poppy Herlisistiani mengatakan, pengiriman uang yang didominasi dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pada momen lebaran terjadi tren peningkatan sebesar 20 persen.

“Menjelang Lebaran itu biasanya meningkat sekitar 20 persen. Sudah ada peningkatan sejak awal puasa. Grafiknya terus naik dan biasanya sampai H-2 dan H-1 itu masih ada (pengiriman),” ujar Poppy kepada fajarnews.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/6).

Menurut Poppy, tingkat kiriman uang di wilayah pelayanan Kantor Pos Cirebon merupakan empat terbesar di Jawa Barat setelah Cianjur, Sukabumi, Karawang, dan Indramayu. Diakuinya, kiriman terbesar berasal dari daerah-daerah yang banyak terdapat TKI.

Bedasarkan grafik data di Kantor Pos Cirebon, jumlah transaksi maupun nilai kiriman uang dari luar negeri menggunakan layanan Western Union (WU) angkanya terus meningkat. Pada bulan April tercatat sebanyak 10.070 transaksi kiriman meningkat menjadi 11.637 transaksi pada Mei 2017.

Begitu juga dari nilai kiriman uang melalui layanan WU di Kantor Pos Cirebon angkanya meningkat, yaitu sebesar Rp37.295.936.900,- pada bulan April menjadi Rp49.864.682.200,- di bulan Mei 2017.

“Kalau secara garis besarnya layanan kiriman uang di Kantor Pos itu ada dalam negeri dan luar negeri. Kalau dalam negeri itu ada layanan Wesel Prima dan Wesel Instant. Sedangkan untuk luar negerinya ada Western Union. Kami juga bekerjasama dengan perbankan,” jelas Poppy.

 Selain itu juga ada layanan wesel Cash To Account, yang merupakan produk layanan terbaru dari Kantor Pos.

“Cash To Account ini misalnya kita tidak punya rekening bank kita bisa ngirim ke orang yang punya rekening bank. Biasanya itu pedagang-pedagang online, kalau misalnya ada yang tidak punya nomor rekening terus kita mau beli barang ke yang punya rekening itu bisa pakai Cash To Account,” tandasnya. (DRI)

Loading Komentar....