fajarnews

Kadipaten Jadi Pusat Pengembangan Jawa Barat Bagian Timur

Redaksi : Andriyana | Jumat, 9 Juni 2017 | 23:00 WIB

ABR
Kawasan Kadipaten ditetapkan sebagai pusat pengembangan Jawa Barat bagian timur

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka akan menjadi salah satu kawasan metropolitan di masa mendatang. Dan itu bukan wacana, tetapi sudah menjadi ketetapan dalam rencana pembangunan Pemprov Jawa Barat. Dalam rencana pembangunan Jabar, Kadipaten ditetapkan sebagai pusat pembangunan Jawa Barat bagian timur.

Bupati Majalengka, H. Sutrisno mengatakan, untuk menjadi pusat perkotaan, maka ada sejumlah persyaratan yang dipenuhi. Kedepan Kadipaten sebagai pusat perkotaan harus memiliki universitas, rumah sakit kelas B dan bebas dari bangunan-bangunan tinggi yang mengganggu transportasi udara sebagai pusat bandara.

"Pemilihan Kadipaten sebagai pusat pengembangan cukup berasalasan, karena lokasinya cukup strategis. Dari Kadipaten ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati hanya berjarak sekitar 15 km,” katanya.

Selain itu, kata Sutrisno, Kadipaten juga sebagai daerah penghubung antara Bandung Raya dan Cirebon Raya. Dengan strategisnya lokasi itu tentunya akan menumbuhkan perekonomian dan daya beli masyarakat di sekitarnya.

“ Dalam pembangunan bandara Pemkab Majalengka telah berencana mendesain dan memplot kawasan–kawasan di Majalengka yang bakal diprioritaskan pembangunan seperti kawasan industri, pariwisata, dan pusat perkonomian,” jelasnya. (ABR)

Loading Komentar....