fajarnews

OJK Beri Edukasi Masyarakat Soal Keuangan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Sabtu, 27 Mei 2017 | 08:15 WIB

Andriyana
Kepala OJK Cirebon, Muhamad Lutfi (tengah) didampingi Kepala KPwBI Cirebon, Abdul Majid Ikram (sebelah kiri) dan Ketua ISEI, Bachrudin Syaroni berfoto bersama usai pengenalan edisi pertama buletin Yatra di Grage Hotel Cirebon.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon menerbitkan bulletin terkait edukasi keuangan yang ditujukan untuk masyarakat luas.

Buletin tersebut diberi judul Yatra. Nama Yatra tersebut singkatan dari Yuk Atur Keuangan Kita. Pemilihan judul Yatra bertujuan untuk memberi nuansa Cirebon karena Yatra sendiri berarti Uang dalam bahasa bebasan Cirebon.

Kepala OJK Cirebon, Muhamad Lutfi mengatakan, penerbitan majalah ini berkaitan erat dengan salahsatu tujuan pembentukan Otoritas Jasa Keuangan.

Pada Undang Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan pasal 4 dinyatakan bahwa OJK dibentuk dengan tujuan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

“Salahsatu caranya yaitu melalui pemberian informasi terkait keuangan kepada masyarakat,” ungkapnya belum lama ini.

Dikatakannya, secara umum, dalam kerangka perlindungan konsumen dan masyarakat, Kantor OJK Cirebon telah melakukan sosialisasi, pemberian informasi dan edukasi kepada masyarakat atas karakteristik sector jasa keuangan, layanan, dan produk keuangan serta yang tidak kalah penting adalah mengenai waspada investasi.

“Hal terakhir inilah yang sedang menjadi perhatian utama pemerintah dan regulator keuangan karena semakin maraknya penawaran investasi dengan imbal hasil tinggi di masyarakat tak terkecuali di Wilayah III Cirebon. Oleh karena itu, pada edisi perdana Yatra, disajikan focus utama mengenai waspada investasi dengan tujuan agar pembaca mendapat informasi bagaimana menyikapi tawaran-tawaran investasi dengan imbal hasil tinggi sehingga tidak mudah tergiur,” ujarnya.

Tugas perlindungan konsumen juga berkaitan dengan inklusi keuangan. Selain mengenai waspada investasi, pada buletin Yatra terdapat rubric untuk mengenali produk dan jasa pada lembaga jasa keuangan di bawah pengawasan OJK yaitu Perbankan, Industri Keuangan Non Bank (IKNB), dan Pasar Modal.

“Hal ini juga terkait dengan target OJK dan pemerintah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal (inklusi keuangan) melalui peningkatan pemahaman tentang produk dan jasa keuangan,” ujar Muhamad Lutfi.

Buletin Yatra direncanakan akan didistribusikan secara gratis kepada seluruh kecamatan di Wilayah III Cirebon dan stakeholder Otoritas Jasa Keuangan Cirebon. Adapun versi digital bisa diunduh melalui tautan bit.ly/yatraojk.

Melalui penerbitan bulletin ini, Otoritas Jasa Keuangan Cirebon berharap dapat memperkuat ikhtiar dalam melindungi konsumen dan masyarakat. (Andriyana)

Loading Komentar....