fajarnews

Bakpao Karakter, Kreasi Inovatif yang Lucu dan Lezat

Redaksi : Iwan Surya Permana | Rabu, 24 Mei 2017 | 08:05 WIB

Ibnu
Ibu Yana, pengelola Karapao di Pasar Batik Trusmi, Kabupaten Cirebon.*

 

Fajarnews.com, CIREBON-  Siapa yang tidak kenal dengan makanan traditional asal Tionghoa yang biasa disebut Bakpao.

Makanan berbentuk bulat dengan warna dasar putih yang di dalamnya berisi daging, kacang, dan coklat tersebut kini mulai banyak kreasinya dari hasil tangan-tangan inovatif yang bertujuan untuk menarik minat pembeli.

Bahan dasar pembuatan bakpao terdiri dari tepung terigu, baking powder, telur, margarin, gula pasir, dan tepung maizena.

Di tangan seorang wanita ini, bakpao disulap menjadi makanan yang lezat namun tetap sehat dengan kreasi karakter super hero dan kartun.

“Campur terigu dan air hangat kemudian aduk sampai merata. Setelah itu tambahkan telur, susu, gula sedikit demi sedikit, beri segelas air lalu tambahkan margarine. Diamkan adonan sekitar 30 menit. Lalu diamkan hingga mengembang,” kata pengelola usaha bakpao karakter, Yana di acara Festival Makanan Olahan 2017, di Pasar Batik Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Selasa (23/5).

Ia menambahkan, bila sudah mengembang dua kali lipat, lalu pukul-pukul menjadi beberapa bagian untuk diberi warna.

Kemudian dari masing-masing bagian yang sudah dibagi lalu bentuk sesuai dengan karakter dan keinginan, serta jangan lupa beri isian yang sudah disiapkan.

“Kita paling banyak karakter kartun seperti Doraemon, Shaun Sheep, Hello Kitty, Panda. Ada juga beberapa karakter superhero, diantaranya Batman, Iron Man, Captain America, untuk masing-masing wajahnya aja, kata Yana.

Adapun bahan makanan untuk pembuatan bakpao menggunakan bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Pihaknya juga menyediakan bakpao setengah matang yang dapat bertahan selama 3 bulan, bila dimasukkan ke dalam lemari pendingin (Frezzer).

“Untuk bakpao karakter ini banyak disukai anak-anak. Ada 8 nama Karapao seperti Karapao 6A, Karapao 6B, Moody Pack, Superhero, Karapao 4A, Karapao 4B, Karapao SS, dan Karapao Panda & Friends,” jelasnya.

Berbagai isian rasa, kata Yana, yang memang disukai anak-anak. Selain menarik untuk anak-anak, karapao ini juga lezat dan lucu.

“Karakter ditambah dengan isi Keju, Coklat, Jasuke, Strawberi, Vanilla Ice Cream, Tiwamisu, Greentea, dan masih banyak lagi,” ujarnya. (Ibnu)

Loading Komentar....