fajarnews

Kenaikan Harga Bahan Pokok Masih Wajar

Redaksi : Iwan Surya Permana | Jumat, 19 Mei 2017 | 11:45 WIB

Hasan Hidayat
Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis bersama Tim TPID Kota Cirebon meninjau harga bahan pokok di pasar tradisional.*

Fajarnews.com, CIREBON- Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon melakukan peninjauan harga bahan pokok dan sayuran jelang Ramadan ke dua pasar tradisional dan satu supermarket di Kota Cirebon, Kamis (18/5).

Tim TPID dalam peninjauan tersebut dipimpin Walikota Cirebon Nazrudin Azis, Ketua DPRD Kota Cirebon Edi Suripno, Kapolres Cirebon Kota, Dandim 0614 Kota Cirebon dan tim TPID lainnya. Pasar pertama yang dikunjungi tim TPID yakni Pasar Pagi Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon berlanjut ke Pasar Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk dan terakhir ke salah satu swalayan di Jalan Karanggetas.

Dalam pengecekan harga di pasar tersebut, Tim TPID mencatat ada beberapa sayuran dan bumbu yang mengalami perubahan harga seperti cabai merah, cabai rawit, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daging ayam dan telur ayam.

“Secara umum hasil pantuan di pasar tradisional, kenaikan harga tidak terlalu mencolok, hanya bawang putih saja yang kenaikannya cukup tinggi,” kata Walikota Cirebon Nasrudin Azis di sela peninjauan harga.

Menurut Azis, secara keseluruhan mulai dari sayur dan bahan pokok, tidak ada kenaikan yang terlampau tinggi. Dikatakannya, kenaikan harga rata-rata hanya sekirat Rp 1.000 hingga Rp 2.000 kecuali bawang putih dan cabai merah mengalami kenaikan cukup signifikan.

Ia mengungkapkan, para pedagang di pasar sudah menyadari bahwa pedagang tidak akan menerapkan kenaikan harga jual terlalu tinggi. “Kenaikan terjadi karena memang  harga beli di pasar induknya naik. Pasar induk beli ke petani juga naik, ini semua karena pengaruh jelang Ramadan,” ungkapnya.

Azis mengaku, sudah mendapat informasi dari Bulog bahwa bahan pangan persediaanya sudah kuat dan diagendakan akan ada operasi pasar dalam waktu dekat yang berguna untuk menstabilkan harga.

“Ini tercapai berkat kerjasama seluruh penyelenggara pemerintahan, Muspida dan Muspika yang berperan aktif melakukan  pengawasan,” ujar Azis. Selain itu, lanjtnya, Polres Cirebon Kota juga sudah membentuk Satgas Pangan yang selalu memonitor dan mengawasi harga di pasar. (Hasan Hidayat)

 

Loading Komentar....