fajarnews

H-9 Ramadhan, Harga Daging di Pasar Tradisional Tak Alami Kenaikan

Redaksi : Iwan Surya Permana | Selasa, 16 Mei 2017 | 11:00 WIB

Agus Didi
Pedagang daging di Pasar Kanoman Kota Cirebon.*

 

Fajarnews.com, CIREBON- Sampai H-9 Ramadhan, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kota Cirebon belum mengalami kenaikan. Tapi, harga daging ayam potong mulai merangkak naik diikuti oleh harga ikan olahan.

Salah satu pedagang di Pasar Kramat Kota Cirebon, Anah mengatakan, harga daging sapi sampai sekarang masih tetap di kisaran Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram.

“Ini mungkin karena stoknya masih ada. Paling ada kenaikan ya nanti satu minggu atau tiga hari sebelum puasa,” jelasnya saat ditemui fajarnews.com, Senin (15/5).

Hal itu juga dibenarkan oleh Romlah, salah satu pedagang di pasar tradisional Kanoman, Kota Cirebon. Harga daging sapi di Pasar Kanoman masih tetap pada kisaran Rp 120 ribu per kilogram.

“Tidak adanya kenaikan ini sudah lama, dan kemungkinan akan mengalami kenaikan pada H-2 sebelum puasa,” terangnya .

Disaat harga daging sapi tidak mengalami kenaikan, harga daging ayam dan ikan olahan di sejumlah pasar tradisional Kota Cirebon mulai mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan.

Menurut salah satu pedagang daging ayam potong dipasar tradisional Kalitanjung, Supri, harga daging ayam sejak empat hari yang lalu mulai mengalami kenaikan.

“Harga (daging ayam potong, red) sebelumnya Rp 27 ribu per kilo, tapi sekarang sudah sampai Rp 32 ribu per kilo,” katanya.

Kenaikan tersebut juga dibenarkan oleh salahsatu pedagang daging ayam potong di pasar tradisional Kramat, Deli. Menurutnya, harga daging ayam akan mengalami kenaikan setiap harinya. Kenaikan yang terjadi hanya seribu rupiah perhari.

Sama halnya dengan harga daging ayam, harga ikan olahan juga sekarang mengalami kenaikan. Menurut Kurinah, salahsatu pedagang ikan di Pasar Kramat, harga yang awalnya Rp 64 ribu per kilo sekarang mengalami kenaikan sebesar dua ribu rupiah per kilonya.

“Harga ikan olahan naik mulai dari hari ini, Senin (15/5). Kenaikan disebabkan karena faktor alam yang tidak bersahabat. Dan para nelayan susah mencari ikan di laut,sehingga stok ikan menglalami kekosongan,”ujarnya.

Lain halnya dengan harga telor ayam. Berdasarkan pantauan fajarnews.com, harga telor ayam sampai sekarang tidak mengalami kenaikan setelah minggu kemarin naik sebesar kurang lebih tiga ribu per kilonya.

Menurut salahsatu pedagang telor di Pasar Kramat, Jefri, harga telor sampai sekarang tetap, yaitu Rp 21 ribu perkilo. “Perkiraan harga telor juga akan mengalami kenaikan di H-3 sebelum bulan puasa,” tandasnya. (Agus Didi)

 

Data Harga Daging di Pasar Tradisional Kota Cirebon

 

Komoditas

Harga Awal

Harga Sekarang

1

Daging Sapi

Rp 120.000,-

Rp 120.000,-

2

Daging Ayam Potong

Rp 27.000,-

Rp 32.000,-

3

Ikan Olahan

Rp 64.000,-

Rp 66.000,-

4

Telor Ayam

Rp 21.000,-

Rp 21.000,-

Loading Komentar....