fajarnews

Loncin Perkenalkankan Produk Pompa Air

Redaksi : Andriyana | Kamis, 27 April 2017 | 00:14 WIB

IRGUN
Demo pompa air Loncin mendapat perhatian khusus dari para petani dalam acaea sosialisasi produk Loncin di Desa Kedokan Agung, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu

Fajarnews.com, INDRAMAYU - PT Loncin Indonesia menggelar sosialisasi produk pompa air ke sejumlah Kelompok Tani (Koptan) se-Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu. Dalam kegiatan tersebut, pihak PT Loncin Indonesia memperkenalkan dan demontrasi kecanggihan produk pompa air di Desa Kedokan Agung, Kecamatan Kedokan Bunder, Kabupaten Indramayu, Rabu (26/4).

Menurut Sales Executif PT Loncin Indonesia, Leo Wengky, selama ini produk-produk teknik yang dibuat di negeri Cina banyak dicap konsumen sebagai produk abal-abal. Ini dikarenakan maraknya merk teknik yang berasal dari Cina yang tidak jelas asal-usulnya dan diimpor dengan harga yang murah.

Dikatakannya, produk-produk tersebut umumnya tidak memiliki standar Quality Control yang baik dan tidak memiliki layanan purna jual yang kompeten. “Tetapi, Loncin berbeda dengan produk Cina lainnya. Kami memiliki pabrik yang jelas, sistem distribusi yang professional, layanan purna jual yang baik dan yang paling utama, produk yang jempolan,” ungkap Leo.

Terkait pompa air Loncin, ia mengatakan, mesin pompa air irigasi ini sebenarnya harus dimiliki para petani, utamanya jika lokasi sawah atau lahan budidaya yang mereka miliki jauh dari saluran irigasi permanen.

“Pompa irigasi merupakan alat penunjang untuk memenuhi kebutuhan air bagi tanaman yang ada di lingkungan sawah serta lahan budidaya tersebut. Karena itulah memiliki pompa irigasi menjadi hal penting yang wajib untuk dimiliki para petani,” jelas dia.

Leo menyebutkan, ada berbagai macam jenis pompa air Loncin yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas pertanian seperti mesin pompa irigasi bensin, mesin pompa irigasi solar dan mesin pompa irigasi LPG.

Mesin pompa irigasi bensin kata dia, merupakan jenis mesin pompa air lebih dikenal sebagai mesin pompa air alkon. Penggunanya cukup banyak dan diminati masyarakat Indonesia.

“Hal ini tidak lain berkaitan dengan ukurannya yang kecil, sehingga lebih praktis untuk digunakan. Mesin pompa air bensin ini banyak digunakan petani dan peternak,” ucapnya.

Sementara, lanjut dia, mesin pompa irigasi diesel sering digunakan sebagai bahan untuk pengisian serta pengeringan tambak ikan atau persawahan yang memiliki sumur bor. Karena itulah, jenis mesin yang satu ini lebih banyak digunakan untuk irigasi dengan bagian dari sumber air yang telah dibuat secara permanen.

“Kemudian mesin pompa irigasi LPG merupakan hasil konversi dari mesin pompa bertenaga bensin. Namun dialihkan menuju penggunaan LPG karena terbilang lebih hemat dalam penggunaannya,” ujar Leo.

Dalam demo dihadapan para petani, pompa air irigasi Loncin dapat menyemburkan air yang disedot saluran irigasi. Semprotan air yang dikeluarkan cukup deras sehingga mampu mengairi sawah dalam waktu singkat.

Banyak petani yang mengikuti demo tersebut terkesan. Bahkan Kuwu Kedokan Agung, Budi langsung membeli pompa air untuk keprluan pribadi. Kegiatan yang mulai berlangsung pada pukul 10.00 hingga 15.00 WIB itu berlangsung lancar dan sukses.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan Camat Kedokan Buder, Kepala UPTD Kedokan Bunder, Tarjono, Kepala BPTT, H. Heri Jamhari, Kuwu Kedokan Agung, Budi dan sekitar 50 ketua kelompok tani se-Kecamatan Kedokan Bunder.

IRWAN GUNAWAN

Loading Komentar....