fajarnews

Menikmati Lezatnya Empal Gentong Krucuk

Redaksi : Andriyana | Rabu, 12 April 2017 | 16:10 WIB

IRWAN
Terdapat dua jenis masakan empal gentong yaitu empal gentong dengan campuran kuah bersantan dan Empal Gentong Asem dengan campuran kuah asam dari buah belimbing wuluh.


Fajarnews.com, CIREBON - Berkunjung ke Cirebon jangan lewatkan untuk menyantap empal gentong.  Kuliner khas Cirebon yang bercita rasa sangat gurih dan berkuah kuning ini.

Kuliner khas Kota Wali ini mrupakan masakan berkuah santan dengan campuran berbagai bumbu gurih dan potongan daging sapi yang telah diolah dengan bumbu kunyit untuk menambah wangi aroma dagingnya.

Terdapat dua jenis masakan empal gentong yaitu empal gentong dengan campuran kuah bersantan dan Empal Gentong Asem dengan campuran kuah asam dari buah belimbing wuluh.

Di sepanjang jalan menuju Cirebon kota, banyak berjejer rumah makan dengan menu utama empal gentong.

Tengoklah sepanjang Jalan Plered, Kabupaten Cirebon. Di setiap jengkal sepajang jalan tersebut pastilah dapat ditemui warung makan berlabel empal gentong.

Dari mulai rumah makan empal gentong yang sudah terkenal hingga rumah makan yang baru coba-coba buka usaha empal gentong.

Kali ini, fajarnews.com mencoba menikmati empal gentong yang terletak di Jalan Krucuk. Dahulu rumah makan itu bernama Empal Gentong Mang Darma, namun sekarang diganti bernama Empal Gentong Krucuk.

Disebut Empal Gentong Krucuk, karena lokasi rumah makan Empal Gentong ini berada di daerah Krucuk, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi, Kota Cirebon. Cara memesan Empal Gentong Krucuk yang berkuah santan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Konsumen bisa memilih jenis potongan daging, berupa daging campur (daging dan jeroan), dagingnya saja atau hanya jeroan saja tergantung selera konsumen. Soal “temannya”, bisa dengan nasi putih atau lontong, semua diserahkan ke selera konsumen.

Biar lebih nikmat, campurkan kecap, jeruk dan sambel keringnya. Saat empal gentong menyentuh lidah, rasa gurih, pedas, asem, manis dan panas bercampur menjadi satu. Nikmat sekali.

Jangan bertanya soal harga sebab akan terpuaskan dengan rasanya yang sungguh lezat. Sebagian besar pengunjung Empal Gentong Krucuk dipadat saat jam makan siang tiba. Terkadang konsumen harus berebut tempat duduk atau mengantri menunggu meja kosong.

Menurut seorang pelayan Empal Gentong Krucuk, kondisi tersebut sudah biasa terjadi. “Apalagi pada saat jam makan siang, datang juga rombongam bis pariwisata dapat dipastikan suasananya seperti pasar tradisional,” katanya sambil melayani konsumsen.

Selain empal gentong, rumah makan ini juga dilengkapi sate kambing, makanan dan minuman ringan serta oleh-oleh khas Cirebon lainnya.

IRWAN GUNAWAN

Loading Komentar....