fajarnews

Budidaya Jamur Tiram, Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Redaksi : Andriyana | Minggu, 9 April 2017 | 23:52 WIB

ABR
Dendi, warga Majalengka yang sukses melakukan budidaya jamur tiram

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Budidaya jamur tiram mnjadi salah satu usaha rumahan yang dinilai cukup menjanjikan. Maman, warga Desa Baribis Kecamatan Cigasong yang melakukan budidaya jamur tiram mengatakan, pasar untuk usaha yang dijalankan sejak beberapa tahun terakhir itu masih sangat terbuka.

Permintaan pasar pun terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. ”Permintaan terus bertambah, terkadang saya kewalahan memenuhi permintaan pasar ,” katanya, Minggu (9/4).

Selain pasar yang masih terbuka, kata salah seorang PNS di Kota Angin ini, budidaya jamur tiram tergolong mudah. Selain itu tidak banyak membutuhkan tempat yang luas serta biaya yang mahal.

Dengan luas sekitar 24 meter persegi, setiap hari dia dapat memanen jamur tiram yang perbulanya bisa meraup uang jutaan rupiah. “Detailnya saya tidak mencatat. Namun rata-rata sebulan bisa mencapai Rp 2 Juta,” ungkapnya.

Menurut Maman, semakin banyaknya pesanan jamur tiram juga dipengaruhi oleh semakin beragamnya jenis olahan dengan bahan baku jamur. Jamur tiram sekarang tidak hanya diolah menjadi sayuran, tetapi juga yang jenis panganan lainnya, seperti kripik dan sosis.

”Kalau dulu jamur hanya dijadikan sayur saja, sekarang ada yang diolah menjadi kripik, sosis, dan ada juga yang diolah menjadi abon,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Dendi warga Kecamatan Rajagaluh. Selain meraup jutaan rupiah dari budidaya jamur tiram, ia juga mendapat penghargaan pemerintah provinsi. Dendi diganjar penghargaan sebagai tokoh inspiratif berkat kesungguhannya melakukan budidaya dan mengolahnya menjadi beraneka jenis makanan.

“Budidaya jamur tiram ini sangat menjanjikan, namun demikian dibutuhkan kesabaran, dan keuletan,” katanya. (ABR)

Loading Komentar....