fajarnews

KAI Daop 3 Cirebon Launching KA Kaligung Relasi Brebes - Semarang Poncol

Redaksi : Andriyana | Minggu, 2 April 2017 | 22:13 WIB

Ist
Bupati Brebes Jawa Tengah, Idza Priyanti (batik ungu) sedang melaunching KA Kaligung di Brebes, Sabtu (1/4).

Fajarnews.com, CIREBON - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon melaunching KA Kaligung relasi Brebes-Stasiun Poncol Semarang, yang diresmikan oleh Bupati Brebes Jawa Tengah, Idza Priyanti di Brebes, Sabtu (1/4). Sebelumnya, KA Kaligung tersebut diberangkatkan dari Stasiun Tegal, yang diperpanjang dari Stasiun Brebes menuju Stasiun Semarang Poncol.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi warga Provinsi Jateng, khususnya Kabupaten Brebes, serta untuk memberikan kemudahan melakukan perjalanan dari Brebes menuju Semarang, maupun arah sebaliknya, maka pihaknya memperpanjang relasi KA Kaligung.

“KA Kaligung diberangkatkan dari Stasiun Brebes dengan memiliki dua opsi perjalanan dalam satu hari. Yang pertama pukul 09.45 dan kedua pukul 12.15 WIB. Kereta ini memiliki total 560 kursi dan tiketnya dijual dengan harga yang cukup kompetitif yaitu Rp 50ribu, sangat bersaing dengan moda transportasi darat lainnya,” kata Kris, panggilan akrabnya melalui pesan tertulis yang diterima fajarnews.com, Minggu (2/4).

Dengan dilaunchingnya KA Kaligung, dirinya pun berharap akan semakin menambah antusias pengguna jasa kereta api, terutama dari Brebes menuju Semarang maupun kota yang dilewati seperti Pemalang, Pekalongan dan Weleri.

Dengan adanya KA Kaligung ini, diharapkan warga Brebes dapat menyambut baik dan ikut menjaga aset negara yang merupakan transportasi massal unggulan Indonesia.

“Pada hari ini, (Sabtu), PT. KAI juga memberlakukan grafik perjalanan kereta api baru yang tentu saja berpangaruh terhadap perubahan jadwal perjalanan kereta api sebelumnya,” imbuhnya.

Ia menuturkan, dengan berkembangnya perekonomian Kabupaten Brebes dan sekitarnya, tentu dibutuhkan kemudahan transportasi publik untuk mobilitas masyarakat. Namun, hal itu tidak serta merta dibarengi dengan fasilitas jalan raya yang memadai.

“Beban jalan yang semakin berat oleh arus lalu lintas yang semakin padat selalu menjadi kendala dan tentu hal ini berpotensi menimbulkan kecelakaan di jalan raya. Oleh karenanya, sebagai moda transportasi massal, kereta api selalu menjadi pilihan terbaik dan solusi masyarakat untuk melakukan perjalanan yang bebas dari kemacetan,” jelasnya.

Dan tepat dihari yang sama, PT. KAI Daop 3 Cirebon memberangkatkan perjalanan KA Kaligung yang sebelumnya melayani rute Tegal-Semarang Poncol, kini diperpanjang relasinya hingga Stasiun Brebes. Hal ini tentu saja menguntungkan untuk warga Brebes dan sekitarnya.

“Karena selain memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan ke Kota Semarang sekaligus dapat mengangkat potensi perekonomian dan wisata kabupaten Brebes dan sekitarnya,” bebernya.

WINARNO

Loading Komentar....