fajarnews

Harga Cabai Merah Masih Tinggi

Redaksi : Fatianto Fadhillah | Senin, 21 November 2016 | 23:14 WIB

HASAN
Salah Seorang Pedagang Sayuran Di Pasar Perumnas Sedang Melayani Konsumen

Fajarnews.com, CIREBON - Harga bawang merah di pasar tradisional di Kota Cirebon terpantau turun cukup signifikan yakni di dikisaran Rp 30 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya harga bawang merah sempat naik pada kisaran Rp 37-40 ribu/kg.

Pantauan “FC” di salah satu pasar tradisional di Kota Cirebon, yakni Pasar Perumnas Kecamatan Harjamukti, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga, namun, harga bawang merah yang turunnya cukup signifikan mencapai Rp 7-10 ribu/kg.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Perumnas, Tomy mengatakan, harga-harga sayuran sejak sebulan terakhir perubahannya hanya hitungan hari. Dikatakannya, harga komoditas cabai merah sampai saat ini masih tinggi, yakni berada di angka Rp 55-60 ribu/kg.

“Pada akhir pekan lalu harga bawang merah masih mencapai Rp 38 ribu per kilogram, sekarang turun menjadi Rp 30 ribu per kilogram untuk jenis bawang ukuran sedang, harga bawang masih tergantung pada ukuran dan kualitasnya. Untuk ukuran besar harganya pada kisaran Rp 32 ribu hingga Rp 34 ribu per kilogram,” kata Tomy saat ditemui di kiosnya, Senin (21/11).

Ia mengungkapkan, perubahan harga yang cukup cepat ini disesuaikan dari harga belinya di Pasar Induk Jagasatru. Untuk cabai jenis lain, lanjut Tomy, yakni cabai rawit harganya berada di angka Rp 40-45 ribu/kg, cabai hijau pun menurutnya mengalami kenaikan, yang semula Rp 12 ribu/kg kini mencapai Rp 28 ribu/kg, sedangkan untuk daun bawang harganya tetap Rp 17 ribu/kg.

“Ada yang naik harganya Mas, cabai hijau awalnya hanya Rp 12 ribu/kg sekarang mencapai Rp 28 ribu/kg,” jelasnya.

Pedagang lain, yakni pedagang sembako di pasar yang sama, Nur menyebutkan, harga sembako saat ini cenderung stabil, tidak ada perubahan yang berarti, untuk semua komoditas seperti beras, telur, minyak, dan terigu masih di harga yang stabil.“Harga telur sekarang tetap Rp 18-19 ribu/kg, untuk beras juga stabil mulai dari Rp 9-12 ribu/kg,” jelas Nur.

MH.HIDAYAT

 

Tags: Harga Cabai
Loading Komentar....