fajarnews

Pasokan Gas Subsidi di Kuningan Ditambah 11.200 Tabung

Redaksi : Andriyana | Senin, 19 September 2016 | 00:07 WIB

Ist
-

Fajarnews.com, KUNINGAN - Kunigan akhir – akhir ini di pusingkan akibat kelangkaan gas elpiji isi 3 Kg di wilayah kecamatan Kuningan, Ciwaru dan Darma serta Wilayah Selatan, namun hal tersebut tidak membuat Pemerintah Daerah diam saja.

Pasalnya Pemerintah Daerah telah mengajukan surat terkait permohonan tambahan kuota pengiriman pasokan gas elpiji ke pihak pertamina. Dan pada Sabtu (17/9), pihak pertamina telah menambahkan sebanyak 50 persen atau 20 Delivery Order dikali 560 tabung, sehingga menjadi 11.200 tabung.

Kabag Perekonomian Setda Kuningan, Trisman Supriatna, mengatakan, kelangkaan gas elpiji tersebut dikarenakan keterlambatan pengiriman, ditambah dengan adanya daya serap konsumen yang meningkat.

“Karena banyak kelangkaan tabung gas kemarin, akhir kita ajukan penambahan, dan akhirnya sabtu kemarin kita ditambah 50 persen, atau 20 DO dikali 560 tabung menjadi 11.200 tabung,” kata Trisman, Minggu (18/9).

Trisman berharap dengan adanya penambahan tersebut, di Kabupaten Kuningan tidak terjadi lagi keterlambatan distribusi yang berdampak kelangkaan tabung gas dan kenaikan harga yang tidak wajar.

“LPG 3 kg itu diperuntukan masyarakat miskin dan IKM, jadi kalau harganya tinggi kan kasihan mereka,” kata Trisman

Untuk antisipasi kelangkaan tabung gas LPG 3Kg, diakui Trisman akan melakukan sidak ke agen dan pangkalan gas secara rutin, sehingga tidak terjadi penimbunan dalam permainan mekanisme pasar.

“Kita akan rutin mengontrol tiap agen agar tidak terjadi penimbunan, dan memastikan distribusi lancar,” kata Trisman.

Selain itu, Trisman juga menghimbau kepada masyarakat berpenghasilan menangah, agar menganti tabungnya dengan tabung gas 5,5 Kg, yang mana telah dikeluarkan oleh pihak Pertamina.

“Tabung 5,5 Kg, itu bukan subsidi, kalau tidak salah harga perdananya Rp 350.000,- per tabung dan isi, selanjutnya harga refil sebesar Rp. 65.000,-. Kita ingin masyarakat sadar, agar bisa segera menganti tabungnya bagi yang berpenghasilan menengah,” kata Trisman.

ALI AL-FARUQ

Loading Komentar....