fajarnews

Dua Pasar di Kota Cirebon Disiapkan Ikuti Lomba Pasar Rakyat Tingkat Jabar

Redaksi : Andriyana | Jumat, 16 September 2016 | 00:41 WIB

WILDAN
Pasar Gunungsari

Fajarnews.com, CIREBON - Persiapan lomba Pasar Rakyat Se-Jawa Barat, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Berintan Kota Cirebon sedang fokus menata dua pasar andalan yang akan dijadikan ajang lomba, yakni Pasar Kramat dan Pasar Gunungsari, Jumat (15/9). Penilian perlombaan tingkat Jawa Barat itu akan dilaksanakan bulan depan.

Dirut Perumda Pasar Kota Cirebon, Akhyadi mengatakan, kedua pasar tersebut dipilih mengingat secara tata letak dan penataan lebih mudah dilakukan untuk dinilai. Namun demikian, bukan berarti sejumlah pasar yang ada di dalam naungan Perumda Pasar Berintan Kota Cirebon tidak layak diperlombakan.

“Berbagai hal yang ada di pasar akan dinilai. Baik dari sisi pelayanan, kebersihan tata ruang, kejujuran pedagang dan sebagainya,” katanya.

Disebutkkan, Pasar Gunungsari, atau Gunungsari Trade Center (GTC) itu akan dilombakan untuk kategori pasar rakyat besar. Sedangkan untuk Pasar Kramat itu diperlombakan untuk kelas pasar kecil.

Dirinya mengaku sudah melakukan upaya-upaya optimal untuk penataan pasar. Hal itu dilakukan agar berhasil meraih pasar di Kota Cirebon mendapat hasil terbaik pada perlombaan pasar tingkat Jawa Barat.

Akhyadi mengaku, ada beberapa kendala dalam persiapan menghadapi lomba pasar rakyat tersebut. Disebutkan, waktu pelaksanaan itu cukup mendesak. Sehingga baginya, itu adalah kendala bagi pemerintah Kota Cirebon melakukan persiapan yang maksimal.

Namun demikian, kendala kitu dirinya berharap para pedagang bisa memahami upaya-upaya yang dilakukan Perumda Pasar. Seperti, para pedagang seharusnya bisa berjualan di tempat yang sudah disediakan sesuai jenis peruntukan barang dagangannya.

“Waktunya terlalu mepet. Kami merasa ada kesulitan untuk menata dan memperbaiki, karena bulan depan harus dilombakan,” paparnya.

Tak hanya itu, Perumda Pasar melakukan berbagai pendekatan dengan pedagang pasar meupun organisasi pedagang pasar seperti Ikatan Pedagang Pasar (IPP).  Akhyadi mengaku optimis, jika para pedagang pasar dan IPP mau bekerja sama untuk menyiapkan lomba pasar rakyat itu.

Apabila Kota Cirebon berhasil meraih gelar juara, maka pasar dari Kota Cirebon akan melangkah ke perlombaan pasar rakyat tingkat nasional. Dirinya yakin jika Pasar Kramat akan meraih penghargaan, karena sebelumnya pernah meraih penghargaan dari pemerintah dalam hal kejujuran pedagang dalam tera timbangan.

“Pasar Kramat pernah juara nasional. Bahkan, karena mendapat penghgargaan itu, Pasar Kramat diberi bantuan sejumlah tera untuk kegiatan pasar. Pasar Kramat pun dalam segi kebersihan dan ketertiban tergolong mudah ditata,” paparnya.

WILDAN IBNU WALID

Loading Komentar....