fajarnews

Pasokan Kurang, Harga Ikan laut di Kota Cirebon Naik

Redaksi : Andriyana | Rabu, 15 Juni 2016 | 23:15 WIB

HASAN
Pedagang ikan laut di Pasar Kanoman sedang menunggu konsumen datang membeli.

Fajarnews.com, CIREBON- Sejumlah harga komoditas ikan laut di Kota Cirebon mengalami kenaikan. Hal tersebut terlihat di salah satu pasar tradisional yakni Pasar Kanoman Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Salah seorang pedagang ikan laut di Pasar Kanoman, Lia mengatakan, harga ikan laut mengalami kenaikan sebesar Rp.5.000 sampai Rp.10.000 perkilonya.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut dikarenakan kurangnya pasokan dari tempat pelelangan ikan yang disebabkan cuaca buruk dengan pasangnya air laut serta ombak yang tinggi. Sehingga para nelayan kesulitan dan bahkan libur mencari ikan.

“Ikan laut sekarang lagi naik harganya, karena cuaca buruk, ombak tinggi, nelayan banyak yang tidak berangkat melaut karena demi faktor keselamatannya. Kenaikan ini terjadi sejak seminggu yang lalu,” kata Lia saat ditemui fajarnews.com di los kiosnya di Pasar Kanoman, Rabu (15/6).

Lia menjelaskan, jenis ikan yang mengalami kenaikan antara lin ikan layang yang sekarang harganya Rp.25.000 perkilonya. Kemudian ikan tenggiri harganya mencapai Rp.60.000 perkilo, jenis ikan kembung harganya Rp.35.000 perkilo, ikan tunul pun sama Rp.35.000 dan untuk udang mencapai Rp.60.000 perkilo.

Harga-harga tersebut, dikatakannya, untuk jenis ikan dengan kualitas sedang. Sebab untuk ikan yang kualitasnya bagus harganya jauh lebih mahal dan sulit didapatkan.

“Ikan yang saya jual ini kualitas sedang. Ada yang kuaiitas bagus tapi harganya jauh lebih mahal karena jarang, kan kalo mau kualitas bagus, nelayan harus  ke tengah laut, itu biaya dan resikonya tinggi, jadi harganyapun tinggi,” ungkap Lia.

Dikatakan, ia membeli dan membeli pasokan ikan lautnya tersebut berasal dari Pasar Gebang Kabupaten Cirebon. Lia mengungkapkan, kenaikan harga ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, sehingga banyak konsumen beranggapan kenaikan ini karena memasuki bulan puasa sama seperti komoditas lain selain komoditas ikan laut.

“Harga ikan laut itu naik turunnya bukan karena bulan puasa atau musim pasaran, tetapi, harga akan naik kalau sedang musim cuaca buruk dilaut seperti sekarang ini. Kalau cuaca bagus, ikan mudah didapat, harga ikan normal-normal saja, meskipun memasuki bulan puasa,” ucapnya.

Sementara, Raswad, salah satu pembeli yang merasakan kenaikan harga tersebut. Namun demikian, dikatakan Raswad, dirinya tidak keberatan dengan adanya kenaikan harga yang ada. Baginya, harga ikan laut naik turun itu biasa. Apalagi menurutnya saat ini memang cuaca kurang bagus sehingga wajar nelayan tidak berani melaut.

“Meski harga naik, kita tetap membeli. Toh, tidak setiap hari kita mengkonsumsi ikan laut. Selain itu kenaikan ikan laut tersebut juga masih dalam kewajaran,” ujarnya saat membeli ikan laut di Pasar Kanoman.

M. HASAN HIDAYAT

Loading Komentar....