fajarnews

KKP Kota Cirebon Gelar Lomba Cipta Menu Berbasis Sumber Daya Lokal

Redaksi : Andriyana | Senin, 23 Mei 2016 | 22:40 WIB

HASAN
Sajian menu makanan hasil karya para peserta lomba cipta menu


Fajarnews.com, CIREBON- Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kota Cirebon menggelar kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kota Cirebon Tahun 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertempat di halaman parkir Carrefour Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, Senin (23/5).

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Hj. Eti Herawati, Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kota Cirebon Ripin Efendi, Kepala SKPD se-Kota Cirebon, perwakilan Polres Cirebon Kota, perwakilan Kodim 0614 dan tamu undangan lainnya.

Salah seorang tim dewan juri dalam lomba tersebut, Chef Bayu mengatakan, dalam lomba tersebut terdapat penilaian diantaranya keaneka ragaman bahan makanan, inovasi dan kratifitas yang diterapkan dalam penyajian makanan, cita rasa yang terdapat dalam makanan yang disajikan, dan display atau tampilan makanan yang disajikan.

Jumlah pesertanya sendiri yakni sebanyak 18 peserta atau 18 Kelurahan dari 22 Kelurahan yang ada di Kota Cirebon.

"Jumlah pesertanya sebanyak 18 Kelurahan, dari 22 Kelurahan yang ada di Kota Cirebon, adapun pemenang lomba ini yakni 3 juara harapan, 3 juara dan satu pemenang display atau tampilan makanan terbaik," kata Bayu saat mengumumkan pemenang lomba.

Dijelaskannya, pemenang-pemenang diraih oleh Kelurahan Kesambi sebagai juara harapan 3, Kelurahan Argasunya juara harapan 2, Kelurahan Kesepuhan juara harapan 1. Kemudian Juara 3 diraih oleh Kelurahan Pekiringan, juara 2 diraih oleh Kelurahan Larangan dan yang menjadi juara 1 yakni dari Kelurahan Sukapura. Sedangkan untuk juara display atau tampilan makanan terbaik diraih oleh Kelurahan Larangan.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Eti Herawati menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan lomba cipta menu B2SA ini, dengan harapan ibu-ibu PKK yang mengikuti lomba tersebut dapat memeberi pendidikan memasak dan menyajikan masakan atau makan sehat untuk keluarganya masing-masing, sehingga tujuan menjadi keluarga sehat terwujud.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini, harapannya ibu-ibu ini dapat menerapkan penyajian makanan yang sehat dan bergizi seimbang serta aman untuk keluarganya di rumah, sehingga tercipta keluarga sehat," kata Eti saat ditemui awak media seusai acara tersebut.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Cirebon, Ripin Efendi mengatakan, kegiatan lomba ini berjenang ke tingkat lebih tinggi, dijelaskannya, untuk pemenang lomba juara pertama akan diikutsertakan dalam lomba yang sama tingkat Provinsi Jawa Barat, dan ia mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah menyebarluaskan B2SA kepada masyarakat luas dalam menyediakan menu makanannya sehari hari.

"Ini lomba tidak diikuti oleh seleruh keluarahan yang ada di Kota Cirebon, mudah-mudahan ditahun-tahun yang akan datang dapat diikuti oleh semua kelurahan sejumlah, 22 kelurahan," ungkap Rifin.

M. HASAN HIDAYAT

Loading Komentar....