fajarnews

Penurunan Harga BBM Belum Bedampak Pada Harga Kebutuhan

Redaksi : Andriyana | Jumat, 1 April 2016 | 23:35 WIB

ABR
Kebijakan pemerintah menurunkan harga BBM diharapkan berdampak pada harga kebutuhan

Fajarnews.com, CIREBON- Pemerintah kembali menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Kebijakan pemerintah ini merupakan yang kedua kalinya sepanjang tahun ini. Masyarakat berharap kebijakan pemerintah menurunkan harga BBM kali ini akan berdampak pada harga-harga kebutuhan yang semakin melambung.

Bambang, warga Majalengka mengaku senang karena pemerintah kembali menurunkan harga BBM. Penurunan harga BBM tersebut, kata dia, sedikit banyak akan berpengaruh terdapat pengeluaran harain keluarganya.

“Meski tidak besar, tetapi lumayan untuk mengurangi pengeluaran biaya pembelian BBM yang Januari lalu juga ada penurunan,” ujarnya, Jumat (1/4).

Ia berharap penurunan harga BBM kali ini juga diikuti pula dengan turunya harga barang serta kebutuhan sehari-hari. Sebab sejak pemerintah menaikan harga BBM, harga kebutuhan terus melambung.

”Sampai hari ini harga barang kebutuhan masih tetap mahal meski pemerintah telah beberapa kali melakukan penurunan harga BBM,” katanya.

Harapan yang sama disampaikan oleh Yono. Pedagang bakso ini berharap setelah pemerintah menurunkan kembali harga BBM tahun ini, harga barang kebutuhan juga ikut turun. Sebab harga kebutuhan atau bahan baku untuk berdagang bakso saat ini masih tergolong mahal.

Kenaikan bahan baku untuk pembuatan bakso seperti mie, daging , sayuran dan bawang semakin mahal setelah pemerintah menaikan harga BBM. Harga tersebut tetap bertahan walau pemerintah telah menurunkan harga BBM, temasuk di awal April ini.

“Karena harga bahan bakunya mahal terpaksa saya juga menaikan harga jual kepada pelanggan. Dan setelah satu porsi saya jual Rp 12.000,- dari sebelumnya Rp.10.000,- jumlah pembeli terus berkurang,” keluhnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Konsumen (YLBK) Majalengka Dede Aryana mengatakan, idealnya penurunan harga BBM diikuti pula oleh turunnya harga kebutuhan. Sebab salah satu pemicu naiknya harga barang kebutuhan adalah naiknya harga BBM yang berimbas pada biaya angkutan atau pengiriman barang.

”Salah satu penyebab naiknya harga barang karena ongkos angkutannya bertambah tinggi setelah harga premium dan solar naik. Dan dalam dalam tiga bulan ini pemerintah telah dua kali menurunkan harga BBM,tentunya itu akan mengurangi biaya angkutan barang,sehingga sangat wajar apabila harga kebutuhan juga turun,”jelasnya. (ABR)

Loading Komentar....